Saturday, March 24, 2012

intel core i7


Apa Itu Processor Intel Core i7?


processor-corei7Core i7 adalah nama sekumpulan prosesor komputer yang di buat oleh Intel Corporation. Dirilis di musim gugur tahun 2008, model-model processor dalam Core i7 temasuk Bloomfield, Lynnfield, dan Carksfiled. Prosesor komputer Core i7 menggunakan teknologi micro-architecure Nehalem. Secara dasar, istilah ini digunakan untuk menjelaskan cara microprocessor dibuat, khususnya dari segi ukuran dan energi yang efesien. Processor yang dibuat dengan teknologi micro-architecture Nehalem memiliki ukuran 45 nanometer dibandingkan dengan ukuran processor sebelumnya 65 nanometer. Suatu perubahan yang meningkatkan efesiensi energi serta performa yang lebih bagus untuk komputer.

Kelauarga processor Core i7 juga meningkatkan kemampuan komputer dengan memanfaatkan core (inti) yang lebih dari satu. Core adalah processor yang independen yang dapat diintegrasi untuk bekerja sama dalam sebuah komputer. Processor yangdibuat dengan teknologi micro-architecture Nehalem tersedia dalam model dengan empat atau delapan core. Dengan memiliki banyak core, sinyal yang dikirim di sirkuit ini dapat menjadi lebih cepat.

Meskipun proses data dengan kecepatan seperti ini dapat meningkatkan kemamapuan komputer untuk melakukan multitasking, tapi ada beberpa sisi negatif menjalankan komputer dengan banyak core. Dengan bekerja lebih cepat dan lebih keras, processor multi-core dapat mengakibatkan efek yang buruk terhadap komponen lain dalam komputer seperti bandwtih memory komputer. Sementara perbaikan sudah dibuat dalam model processor core i7, hanya waktu yang dapat menentukan apakah software bisa memnafaatkan potensi dari multi-core.

Processor Core i7 terdapat dalam komputer yang dijual oleh kebanyakan perusahaan besar komputer dan tersedia baik dalam laptop maupun komputer desktop. Ada 7 macam varian processor untuk desktop dan 7 varian lainnya untuk laptop. Berbagai macam processor menawarkan varian yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti jumlah core, clock speed dari processor, kapasitas cache, dan ukuran nanometers.

Komputer dengan processor Core i7 sesuai untuk semua orang yang perlu komputer dengan kemampuan yang cepat yang bisa menjalankan berbagai macam task pada saat yang bersamaan. Ketika processor tersebut pertama kali dirirlis, para ahli komputer sangat antusias dengan teknologi ini. Core i7 bukanlah hanya upgrade dari teknologi sebelumnya melainkan sebuah processor dengan desain yang sama sekali berbeda yang bisa melakukan berbagai task yang berat. motherboard

No comments:

Post a Comment