Tuesday, May 22, 2012

apa itu GPS ??






Gps adalah kependekan dari global positioning system yang adalah sistem navigasi satelit. Dikembangkan oleh united states department of defense (usdod) dengan nama navstar gps (navigation sattelite timing and ranging global positioning system) untuk kepentingan militer amerika serikat.


Satelit pertama yang diorbitkan adalah satelit block-i gps pada tahun 1978. Konstelasi satelitnya saat ini terdiri dari minimum 24 satelit yang mengorbit disekeliling bumi kita. Yang mengelola konstelasi satelit ini adalah us air force 50th space wings cek disini toko gps, dengan biaya sebesar us$750 juta per tahun!! Namun demikian penggunaannya untuk masyarakat sipil adalah nihil, hebat ya! Yang dimaksud dengan konstelasi satelit (sattelite constellation) adalah sekumpulan satelit yang bekerja secara bersamaan.


Penjelasan singkat metode operasinya adalah sbb. Gps unit kita mengkalkulasi posisinya dengan mengukur jarak antara sigps dengan 3 atau lebih gps satelit. Dengan mengukur jeda waktu antara transmisi dan penerimaan dari setiap sinyal radio satelit, memberikan jarak antara gps dengan satelit2 tsb. Dengan menentukan posisi dan jarak dari paling tidak 3 satelit, gps kita itu mampu menentukan posisinya dengan menggunakan metode “trilateration” yang mirip dengan “triangulation” yang menggunakan sudut. Semakin banyak jumlah satelit yang tertangkap oleh si gps, semakin tinggi akurasi dari bacaan pada gps kita.


Pada awalnya usdod menerapkan sebuah feature yang disebut selective availability (sa). Sa ini dengan sengaja membuat bacaan dari gps kita tidak akurat(cek di toko gps). Perbedaan dengan kenyataannya bisa mencapai 100meter secara random. Tujuannya adalah agar sinyal gps ini tidak disalah gunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, atau dengan kata lain pihak selain militer amerika serikat dan aliansinya.


Untuk mengkoreksi hal ini digunakan differential gps (dgps) yang dikelola oleh us coast guard, dimana akurasi dari bacaan gps bisa mencapai kisaran 1m. Sayangnya karena us coast guard yang mengelola, dgps ini hanya bekerja disepanjang garis pantai amerika utara saja. Tidak usah berkecil hati karena saat ini gps kita diindonesia mampu menunjukan suatu titik dengan akurasi 5m.


Sedangkan untuk penggunaan akurasi tinggi, misalnya untuk land surveyor dll, alat gps ini disertai dengan carrier tracking receiver. Ketepatannya berbicara dalam satuan milimeter, luar biasa sekali akurasinya.


Pada awal tahun 1990 faa (federal aviation administration), yang adalah bagian dari us department of transportation, meminta agar pihak tentara amerika untuk menghilangkan sa. Tujuannya agar pihak penerbangan bisa mendapat manfaat juga dari sistem ini.


Saat ini penggunaan GPS sudah sangat meluas, bahkan telpon selular generasi terbarupun mengintegrasikan GPS juga. Khususnya bagi yang berhobby mancing, sangat berguna untuk menyimpan koordinat spot2 pancing dilautan yang luas. Tentunya disamping sebagai alat navigasi yang canggih dan sangat mudah penggunaannya, menggantikan pemakaian dari LORAN dan peta laut konvensional. Berbagai macam jenis, ukuran dan bentuk GPS tersedia dipasaran. Mulai dari yang sangat simpel yang hanya menunjukkan kordinat sampai yang canggih dengan moving map. Tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan pendanaan


Mengapa PRODUK  GPS Menarik untuk Digunakan?


 Ada beberapa hal yang membuat GPS menarik untuk digunakan dalam penentuan posisi, seperti yang akan diberikan berikut ini. Patut dicatat disini bahwa beberapa faktor yang disebutkan di bawah ini juga akan berlaku untuk aplikasi-aplikasi GPS yang berkaitan dengan penentuan parameter selain posisi seperti kecepatan, percepatan, maupun waktu yang pada dasarnya juga bisa diberikan oleh GPS.


Pertama, GPS dapat digunakan setiap saat tanpa bergantung waktu dan cuaca, GPS dapat digunakan baik pada siang maupun malam hari, dalam kondisi cuaca yang buruk sekalipun seperti hujan ataupun kabut. Karena karakteristiknya ini maka penggunaan GPS dapat meningkatan efisiensi dan fleksibilitas dari pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang terkait dengan penentuan posisi, yang pada akhirnya dapat diharapkan akan dapat memperpendek waktu pelaksanaan aktivitas tersebut serta menekan biaya operasionalnya.


Kedua, satelit-satelit GPS mempunyai ketinggian orbit yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20.000 km di atas permukaan bumi, dan jumlahnya relatif cukup banyak, yaitu 24 satelit. Ini menyebabkan GPS dapat meliputi wilayah yang cukup luas, sehingga akan dapat digunakan oleh banyak orang pada saat yang sama ,serta pemakaiannya menjadi tidak bergantung pada batas-batas politik dan batas alam. Selama yang bersangkutan mempunyai alat penerima sinyal (receiver) GPS, maka ia akan dapat menggunakan GPS untuk penentuan posisi.


Ketiga, penggunaan GPS dalam penentuan posisi relatif tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi topografis daerah survei dibandingkan dengan penggunaan metode terestris seperti pengukuran poligon. Penentuan posisi dengan GPS tidak memerlukan adanya saling keterlihatan antara satu titik dengan titik lainnya seperti yang umumnya dituntut oleh metode-metode pengukuran terestris. Yang diperlukan dalam penentuan posisi titik dengan GPS adalah saling keterlihatan antara titik tersebut dengan satelit. Oleh sebab itu topografi antara titik tersebut sama sekali tidak akan berpengaruh, kecuali untuk hal-hal yang sifatnya non-teknis seperti pergerakan personil dan pendistribusian logistik. Karena karakterisitknya ini, penggunaan GPS akan sangat efisien dan efektif untuk diaplikasikan pada survei dan pemetaan di daerah-daerah yang kondisi topografinya sulit, seperti daerah pengunungan dan daerah rawa-rawa.


Keempat, posisi yang ditentukan dengan GPS akan menagacu ke suatu datum global, yang dinamakan WGS 1984. Atau dengan kata lain posisi yang diberikan oleh GPS akan selalu mengacu ke datum yang sama. Karakterisitk ini sangat menguntungkan untuk kondisi Indonesia yang wilayahnya sangat luas dan terdiri dari banyak pulau, dimana proses penghubung kerangka-kerangka titik di satu pulau dengan titik di pulau lainnya akan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan kalau kita menggunakan metode terestris. Dalam hal ini seandainya GPS digunakan untuk penentuan posisi, maka suvei dan pemetaan yang dilakukan di Jawa misalnya, akan memberikan posisi titik-titik yang datumnya sama dengan titik-titik yang diperoleh dari survei dan pemetaan di Irian Jaya, meskipun tidak ada hubungan langsung secara langsung antara kedua survei GPS yang bersangkutan.


Kelima, GPS dapat memberikan ketelitian posisi yang spektrumnya cukup luas. Dari yang sangat teliti (orde militer) sampai yang biasa-biasa saja (orde puluhan meter). Luasnya spektrum ketelitian yang bisa diberikan ini memungkinkan penggunaan GPS secara efektif dan efisien sesuai dengan ketelitian yang diminta serta dana yang tersedia. Disamping itu, dengan spektrum ketelitian yang begitu luas GPS juga akan bermanfaat untuk banyak bidang aplikasi.


Keenam, pemakaian sistem GPS tidak dikenakan biaya, setidaknya sampai saat ini. Selama pengguna memiliki alat penerima (receiver) sinyal GPS maka yang bersangkutan dapat menggunakan sistem GPS untuk berbagai aplikasi tanpa dikenakan biaya oleh pihak yang memiliki satelit, dalam hal ini Departemen Pertahanan Keamanan, Amerika Serikat. Jadi investasi yang perlu dilakukan oleh pengguna hanyalah untuk alat penerima sinyal GPS beserta perangkat keras dan lunak untuk pemrosesan datanya.


Ketujuh, alat penerima sinyal (receiver) GPS cenderung menjadi lebih kecil ukurannya, lebih murah harganya, lebih baik kualitas data yang diberikannya, dan lebih tinggi keandalannya. Ini terutama disebabkan oleh kemajuan di bidang eletronika dan komputer yang sangat pesat dewasa ini. Perangkat lunak komersial untuk pengolahan data GPS juga semakin banyak tersedia dengan harga yang relatif murah. Disamping itu, karena banyaknya merek dan jenis receiver yang beredar, kompetisi antar sesama pembuat receiver juga semakin tinggi, yang salah satu dampaknya terhadap tersedianya semakin banyak receiver GPS yang lebih ‘user oriented’.


Kedelapan, pengoperasian alat penerima GPS untuk penentuan posisi suatu titik relatif mudah dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Dibandingkan dengan pengukuran terestris seperti dengan metode poligon misalnya, pengamatan dengan metode GPS relatif tidak terlalu memakan banyak tenaga dan waktu. Apalagi kalau perbandingannya dilakukan untuk daerah survei yang luas dengan kondisi medan yang berat.


Kesembilan, pengumpul data (Surveyor) GPS tidak dapat ‘memanipulasi’ data pengamatan GPS seperti halnya yang dapat dilakukan dengan metode pengumpulan data terestris yang umum digunakan, yaitu metode poligon. Ini tentunya akan meningkatkan tingkat keandalan dari hasil survei dan pemetaan yang diperoleh. Disamping itu juga pemberi kerja aan mendapatkan ‘keamanan’ dan jaminan kualitas yang lebih baik.


Kesepuluh, makin banyak instansi di Indonesia yang menggunakan GPS dan juga makin banyak bidang aplikasi yang potensial di Indonesia yang dapat ditangani dengan menggunakan GPS. Dengan makin banyaknya instansi yang menggunakan maka proses penyeragaman, koordinasi, dan pengelolan yang terkait dengan informasi spasial akan lebih mudah untuk dilaksanakan.


Dikutip dari Buku “Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya”. Dr. Hasanuddin Z. Abidin. Penerbit : Pradnya Paramita Jakarta.




sumber;http://www.sergapindonesia.com



No comments:

Post a Comment